Minggu, 18 Maret 2012

HECTING


HECTING PERINIUM

DISUSUN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH
MATERNITAS I

Disusun oleh :
RONI TASUGALEN (09061038)



UNIKA DE LA SALLE MANADO
FAKULTAS KEPERAWATAN
2011



PRAKATA
        Puji dan syukur  serta hormat dipersembahkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan kasih karunia-Nya sehingga proses pembuatan makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
        Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini yaitu untuk memenuhi tugas mata kuliah Maternitas I Praktek Fakultas Keperawatan Unika De La Salle Manado 2010 semester v. Adapun judul makalah yang saya buat ini yaitu Hecting Perinium.
        Dengan segala keterbatasan yang ada pada penulis, makalah ini tidak mungkin dapat terselesaikan sesuai dengan yang direncanakan, jika tidak ada sumbangsi dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis kami menyampaikan rasa terima kasih kepada teman-teman yang telah membantu penulis dalam proses penyelesaian makalah ini.
        Apabila makalah ini terdapat kekurangan, kekeliruan ataupun kesalahan dalam penulisan ini, maka penulis memohon maaf atas kekeliruan ataupun kesalahan yang terdapat dalam makalah ini. Untuk itu bila ada kekurangan atau kesalahan dalam pembuatan makalah ini kami minta tanggapan yang bersifat membangun untuk menyempurnakan makalah ini dari  teman-teman sekalian dan para pembaca.
        Akhir kata semoga makalah ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua.
                                                                                                                       
                                                                                                   Manado,   November 2011
                                                                                                              
                                                                                                                 Penulis





BAB I

PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang

Robekan jalan lahir selalu memberikan perdarahan dalam jumlah yang bervariasi banyaknya. Perdarahan yang berasal dari jalan lahir selalu harus dievaluasi, yaitu sumber dan jumlah perdarahan sehingga dapat diatasi. Sumber perdarahan dapat berasal dari perineum vagina, servik dan robekan uterus. Perdarahan dapat dalam bentuk hematoma dan robekan jalan lahir dengan perdarahan yang bersifat arteril atau pecahnya pembuluh darah vena. Untuk dapat menetapkan sumber perdarahan dapat dilakukan dengan pemeriksaan dalam atau spekulum.
Perdarahan karena robekan jalan lahir banyak dijumpai pada pertolongan persalinan. Jika perlukaan hanya mengenai bagian luar (superfisial) saja atau jika perlukaan tersebut tidak mengeluarkan darah, biasanya tidak perlu dijahit. Hanya perlukaan yang lebih dalam dimana jaringannya tidak bisa didekatkan dengan baik atau perlukaan yang aktif mengeluarkan darah memerlukan suatu penjahitan. Hecting digunakan untuk mendekatkan tepi luka dengan benang sampai sembuh dan cukup untuk menahan beban fisiologis.


1.2    Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini adalah sebagai berikut.
1.         Apakah pengertian dari hecting dan hecting perineum?
2.         Sebutkan macam-macam hecting?
3.         Sebutkan benang untuk hecting perineum?
4.         Apakah komplikasi hecting tersebut?
5.         Bagaimana perawatan luka hecting perineum?
6.         Bagaimana suatu Asuhan Keperawatan Hecting perineum tersebut?

1.3    Tujuan Penulisan

Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
1.         Mengetahui pengertian hecting dan hecting perineum
2.         Menyebutkan macam-macam hecting.
3.         Menyebutkan benang untuk hecting perineum.
4.         Mengetahui komplikasi dari proses hecting.
5.         Mengetahui cara perawatan luka dari hecting perineum.
6.         Mengetahui pembuatan suatu Asuhan Keperawatan Hecting perineum.

1.4    Manfaat Penulisan

Manfaat yang diharapkan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut.
1.    Untuk memberikan gambaran tentang proses dan mekanisme hecting
2.    Sebagai bahan masukan untuk memperluas dan memperdalam pemahaman tentang proses proses dan mekanisme hecting.

1.5    Metode Penulisan
Metode penulisan makalah yang digunakan oleh penulis adalah sebagai berikut :
1.         BAB I adalah pendahuluan, terdiri atas latar belakang, rumusan masalah,  tujuan penulisan, mamfaat penulisan dan metode penulisan.
2.         BAB II adalah tinjauan pustaka terdiri dari pengertian rupture perineum dan episiotomi, jenis-jenis robekan perineum dan episiotomy, hecting perineum, macam-macam hecting, benang untuk hecting perineum, komplikasi hecting, perawatan luka hecting perineum.
3.         BAB III adalah Asuhan Keperawatan Hecting perineum terdiri dari anatomi sistem reproduksi wanita, fisiologi sistem reproduksi wanita, etiologi hecting perineum, pengkajian pada pasien dan diagnosa keperawatan, intervensi dan rasional.
4.         BAB V adalah kesimpulan dan saran.
5.         DAFTAR PUSTAKA

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1    Pengertian Rupture Perineum Dan Episiotomi
Ruptur perineum adalah robekan yang terjadi pada saat bayi lahir baik secara spontan maupun dengan alat atau tindakan. Robekan perineum umumnya terjadi pada garis tengah dan bisa menjadi luas apabila kepala janin lahir terlalu cepat. Robekan terjadi pada hampir semua primipara (Wiknjosastro, 2005, hlm 665).
Pengertian ruptur sesuai dengan kamus kedokteran adalah robeknya atau koyaknya jaringan (Dorland,1998). Perineum merupakan ruang berbentuk jajaran genjang yang terletak di bawah dasar panggul. Batas superior yaitu dasar panggul yang terdiri dari musculus levator ani dan musculus coccygeus. Batas lateral tulang dan ligamentum yang membentuk pintu bawah panggul, yaitu depan ke belakang angulus pubicus, ramus ischiopubicus, tuber ischiadicum, ligamentum sacrotuberosum, dan oscoccyges. Batas inferior yaitu kulit dan vagina (Oxorn, 2003). Ruptur perineum adalah robekan yang terjadi pada perineum sewaktu persalinan (Mohtar, 1998).
Episiotomi adalah perobekan yang dibuat di perineum antara lubang vagina dan anus untuk mempermudah keluarnya bayi. Perobekan ini dilakukan dengan gunting bius lokal ketika kepala bayi tampak. Jika dilakukan terlalu dini sebelum kelangkang menipis, otot-otot, kulit dan pembuluh-pembuluh darah akan rusak dan perdarahan bisa lebih banyak.
Episiotomi adalah inisiasi pada perineum yang menyebabkan terpotongnya selaput lendir vagina, cincin himen, jaringan septum rektovaginal, otot-otot dan fasia perineum, serta kulit sebelah depan perineum untuk melebarkan jalan lahir sehingga mempermudah kelahiran (Mansjoer, et all, 2001).
Episiotomi yaitu tindakan bedah ringan berupa irisan di daerah perineum antara lubang kemaluan dan lubang anus (Indiarti, 2009).

2.2    Jenis-Jenis Robekan Perineum Dan Jenis-Jenis Episiotomi

·           Tingkat 1: robekan hanya terjadi pada selaput lendir vagina dengan atau tanpa mengenai kulit perineum
·           Tingkat 2: robekan mengenai selaput lender vagina dan otot perineum transfersalis, tetapi tidak mengenai otot sphingter ani.
·           Tingkat 3: robekan mengenai perineum sampai dengan otot sphingter ani
·           Tingkat 4: robekan mengenai perineum sampai dengan otot sphingter ani dan mukosa rectum.
b.         Jenis-Jenis Episiotomi Yaitu:
·         Episiotomi Mediolateralis dari garis tengah ke samping menjauhi anus.
·         Episiotomi Lateralis 1-2 cm diatas commisuro posterior ke samping.
·         Episiotomi Sekunder adalah ruptur perinii yang spontan atau episiotomi medialis yang melebar sehingga dimungkinkan menjadi ruptura perinii totalis maka digunting ke samping.

2.3    Hecting Perinium
Hecting adalah suatu tindakan untuk mendekatkan tepi luka dengan benang sampai sembuh dan cukup untuk menahan beban fisiologis.
Hecting perineum adalah suatu cara untuk menyatukan kembali jaringan  tubuh (dalam hal  perineum) dan mencegah kehilangan darah yang tidak perlu dan mempertahankan integritas dasar panggul ibu.

2.4    Macam – Macam Hecting
1.         Jahitan Kulit;
·      Jahitan interrupted :
Jahitan simple interrupted (Jahitan satu demi satu)
Merupakan jenis jahitan yang paling dikenal dan paling banyak digunakan. Jarak antara jahitan sebanyak 5-7 mm dan batas jahitan dari tepi luka sebaiknya 1-2 mm. Semakin dekat jarak antara tiap jahitan, semakin baik bekas luka setelah penyembuhan.
·         Jahitan Matras
a.          Jahitan matras Vertikal
Jahitan jenis ini digunakan jika tepi luka tidak bisa dicapai hanya dengan mengunakan jahitan satu demi satu. Misalnya di daerah yang tipis lemak subkutisnya dan tepi luka cenderung masuk kedalam.
b.         Jahitan matras horizontal
Jahitan ini digunakan untuk menautkan fassia dan aponeurosis. Jahitan ini tidak boleh digunakan untuk menjahit lemak subkutis karena membuat kulit diatansa terliat lebih bergelombang.

·      Jahitan Continous
a.       Jahitan jelujur : lebih cepat dibuat, lebih kuat dan pembagian tekanannya lebih rata bila dibandingkan dengan jahitan terputus. Kelemahannya jika benang putus / simpul terurai seluruh tepi luka akan terbuka.
a.       Jahitan interlocking, feston
b.      Jahitan kantung tembakau (tabl sac)
b.      Jahitan Subkutis
a.       Jahitan continous : jahitan terusan subkutikuler atau intrademal. Digunakan jika ingin dihasilkan hasil yang baik setelah luka sembuh. Juga untuk menurunkan tengan pad aluka yang lebar sebelum dilakukan penjahitan satu demi satu.
b.      Jahitan interrupted dermal stitch
c.       Jahitan Dalam
Pada luka infeksi misalnya insisi abses, dipasang dren. Dren dapat dibuat dari guntingan sarunga tangan fungsi dren adalah mengelirkan cairan keluar berupa darah atau serum.

2.5    Benang Untuk Hecting Perineum
1.    Seide (Silk/Sutra)
Bersifat tidak licin seperti sutera biasa karena sudah dikombinasi dengan perekat, tidak diserap oleh tubuh. Pada penggunaan disebelah luar, maka benang harus dibuka kembali. Berguna untuk menjahit kulit, mengikat pembuluh arteri besar. Ukuran yang sering digunakan adalah nomor 2 nol 3 nol, 1 nol dan nomor 1.
2.    Plain Catgut
Bersifat dapat diserap tubuh, penyerapan berlangsung dalam waktu 7–10 hari dan warnanya putih kekuningan. Berguna untuk mengikat sumber pendarahan kecil, menjahit subcutis dan dapat pula digunakan untuk bergerak dan luas lukanya kecil. Benang ini harus dilakukan penyimpulan 3 kali karena dalam tubuh akan mengembang. Bila penyimpulan dilakukan hanya 2 kali akan terbuka kembali.
3.    Chromic CatguT
Bersifat dapat diserap oleh tubuh, penyerapannya lebih lama yaitu sampai 20 hari. Chromic Catgut biasanya menyebabkan reaksi inflamasi yang lebih besar dibandingkan dengan plain catgut. Berguna untuk penjahitan luka yang dianggap belum merapat dalam waktu 10 hari dan bila mobilitas harus segera dilakukan.
Catgut kromik adalah benang catgut yang telah dikombinasi dengan garam-garaman krom. Fungsi garam-garaman krom adalah menunda proses proteolisis yang menyebabkan catgut dapat direabsorpsi,sehingga memperpanjang waktu agar benang dapat dipertahankan dalam jaringan bersama-sama selama proses penyembuhan.
Jenis dan ukuran benang untuk penajhitan luka perineum:
·      Catgut kromik 4-0
a.    Perbaikan dining anterior rektum pada laserasi derajat empat
b.   Perbaikan laserasi klitoris
c.    Perbaikan ditempat lain apabila memerlukan benang yang sangat halus
·      Catgut kromik 3-0
a.    Perbaikan mukosa vagina
b.   Jahitan subkutan
c.    Jahitan subkutikula
d.   Perbaikan laserasi periuretra
·      Catgut kromik 2-0
a.    Perbaikan sfingter ani ekstra
b.   Perbaikan laserasi serviks
c.    Perbaikan laserasi dinding vagina lateral
d.   Jahitan dalam terputus-putuspada otot pelvis

2.6    Komplikasi Hecting
·           Overlapping:  Terjadi sebagai akibat tidak dilakukan adaptasi luka sehingga luka menjadi tumpang tindih dan luka mengalami penyembuhan yang lambat dan apabila sembuh maka hasilnya akan buruk.
·           Nekrosis: Jahitan yang terlalu tegang dapat menyebabkan avaskularisasi sehingga menyebabkan kematian jaringan.
·           Infeksi: Infeksi dapat terjadi karena tehnik penjahitan yang tidak steril, luka yang telah terkontaminasi, dan adanya benda asing yang masih tertinggal.
·           Perdarahan: Terapi antikoagulan atau pada pasien dengan hipertensi.
·           Hematoma: Terjadi pada pasien dengan pembuluh darah arteri terpotong dan tidak dilakukan ligasi/pengikatan sehingga perdarahan terus berlangsung dan menyebabkan bengkak.
·           Dead space (ruang/rongga mati): Yaitu adanya rongga pada luka yang terjadi karena penjahitan yang tidak lapis demi lapis.
·           Sinus: Bila luka infeksi sembuh dengan meninggalkan saluran sinus, biasanya ada jahitan multifilament yaitu benang pada dasar sinus yang bertindak sebagai benda asing.
·           Dehisensi: Adalah luka yang membuka sebelum waktunya disebabkan karena jahitan yang terlalu kuat atau penggunaan bahan benang yang buruk.
·           Abses: Infeksi hebat yang telah menghasilkan produk pus/nanah

2.7    Perawatan Luka Hecting Perinium
1.    Penanganan Komplikasi
·      Jika terdapat hematoma, darah dikeluarkan. Jika tidak ada tanda infeksi dan perdarahan sudah berhenti, lakukan penjahitan.
·      Jika terdapat infeksi, buka dan drain luka. Lalu berikan terapi ampisilin 500 mg per oral 4 x sehari selama 5 hari dan metronidazol 400 mg per oral 3 x sehari selama 5 hari.
2.    Perawatan Pasca Tindakan
·      Apabila terjadi robekan tingkat IV (Robekan sampai mukosa rektum), berikan anti biotik profilaksis dosis tunggal Ampisilin 500 mg per oral dan metronidazol 500 mg per oral.
·      Observasi tanda-tanda infeksi
·      Jangan lakukan pemeriksaan rektal selama 2 minggu
·      Berikan pelembut feses selama seminggu per oral














BAB III
ASKEP HECTING PERINIUM

3.1    Anatomi Sistem Reproduksi Wanita
·      Genitalia Interna
·       Uterus
Suatu organ muskular berbentuk seperti buah pir, dilapisi peritoneum (serosa). Selama kehamilan berfungsi sebagai tempat implatansi, retensi dan nutrisi konseptus. Pada saat persalinan dengan adanya kontraksi dinding uterus dan pembukaan serviks uterus, isi konsepsi dikeluarkan. Terdiri dari corpus, fundus, cornu, isthmus dan serviks uteri. Bentuk dan ukuran bervariasi serta dipengaruhi usia dan paritas seorang wanita. Sebelum pubertas panjangnya bervariasi antara 2,5−3,5 cm. Uterus wanita nulipara dewasa panjangnya antara 6−8 cm sedang pada wanita multipara 9-10 cm. Berat uterus wanita yang pernah melahirkan antara 50-70 gram, sedangkan pada wanita yang belum pernah melahirkan 80 gram atau lebih.

·       Ligamenta penyangga uterus
Ligamentum latum uteri, ligamentum rotundum uteri, ligamentum cardinale, ligamentum ovarii, ligamentum sacrouterina propium, ligamentum infundibulopelvicum, ligamentum vesicouterina, ligamentum rectouterina.

·       Salping / Tuba Falopii
Embriologik uterus dan tuba berasal dari ductus Mulleri. Sepasang tuba kiri-kanan, panjang 8-14 cm, berfungsi sebagai jalan transportasi ovum dari ovarium sampai cavum uteri. Dinding tuba terdiri tiga lapisan : serosa, muskular (longitudinal dan sirkular) serta mukosa dengan epitel bersilia. Terdiri dari pars interstitialis, pars isthmica, pars ampularis, serta pars infundibulum dengan fimbria, dengan karakteristik silia dan ketebalan dinding yang berbeda-beda pada setiap bagiannya.

·       Ovarium
Organ endokrin berbentuk oval, terletak di dalam rongga peritoneum, sepasang kiri-kanan. Dilapisi mesovarium, sebagai jaringan ikat dan jalan pembuluh darah dan saraf. Terdiri dari korteks dan medula.
Ovarium berfungsi dalam pembentukan dan pematangan folikel menjadi ovum (dari sel epitel germinal primordial di lapisan terluar epital ovarium di korteks), ovulasi (pengeluaran ovum), sintesis dan sekresi hormon-hormon steroid (estrogen oleh teka interna folikel, progesteron oleh korpus luteum pascaovulasi). Berhubungan dengan pars infundibulum tuba Falopii melalui perlekatan fimbriae. Fimbriae “menangkap” ovum yang dilepaskan pada saat ovulasi.
Ovarium terfiksasi oleh ligamentum ovarii proprium, ligamentum infundibulopelvicum dan jaringan ikat mesovarium. Vaskularisasi dari cabang aorta abdominalis inferior terhadap arteri renalis.















·      Genitalia Eksterna
·         Vulva
Tampak dari luar (mulai dari mons pubis sampai tepi perineum), terdiri dari mons pubis, labia mayora, labia minora, clitoris, hymen, vestibulum, orificium urethrae externum, kelenjar-kelenjar pada dinding vagina.

·         Mons pubis / mons veneris
Lapisan lemak di bagian anterior symphisis os pubis. Pada masa pubertas daerah ini mulai ditumbuhi rambut pubis.

·           Labia mayora
Lapisan lemak lanjutan mons pubis ke arah bawah dan belakang, banyak mengandung pleksus vena. Homolog embriologik dengan skrotum pada pria. Ligamentum rotundum uteri berakhir pada batas atas labia mayora. Di bagian bawah perineum, labia mayora menyatu (pada commisura posterior).

·           Labia minora
Lipatan jaringan tipis di balik labia mayora, tidak mempunyai folikel rambut. Banyak terdapat pembuluh darah, otot polos dan ujung serabut saraf.




·           Clitoris
Terdiri dari caput/glans clitoridis yang terletak di bagian superior vulva, dan corpus clitoridis yang tertanam di dalam dinding anterior vagina. Homolog embriologik dengan penis pada pria.Terdapat juga reseptor androgen pada clitoris. Banyak pembuluh darah dan ujung serabut saraf, sangat sensitif.

·           Vestibulum
Daerah dengan batas atas clitoris, batas bawah fourchet, batas lateral labia minora. Berasal dari sinus urogenital. Terdapat 6 lubang/orificium, yaitu orificium urethrae externum, introitus vaginae, ductus glandulae Bartholinii kanan-kiri dan duktus Skene kanan-kiri. Antara fourchet dan vagina terdapat fossa navicularis.

·           Introitus / orificium vagina
Terletak di bagian bawah vestibulum. Pada gadis (virgo) tertutup lapisan tipis bermukosa yaitu selaput dara / hymen, utuh tanpa robekan. Hymen normal terdapat lubang kecil untuk aliran darah menstruasi, dapat berbentuk bulan sabit, bulat, oval, cribiformis, septum atau fimbriae. Akibat coitus atau trauma lain, hymen dapat robek dan bentuk lubang menjadi tidak beraturan dengan robekan (misalnya berbentuk fimbriae). Bentuk himen postpartum disebut parous. Corrunculae myrtiformis adalah sisa2 selaput dara yang robek yang tampak pada wanita pernah melahirkan / para. Hymen yang abnormal, misalnya primer tidak berlubang (hymen imperforata) menutup total lubang vagina, dapat menyebabkan darah menstruasi terkumpul di rongga genitalia interna.

·           Vagina
Rongga muskulomembranosa berbentuk tabung mulai dari tepi cervix uteri di bagian kranial dorsal sampai ke vulva di bagian kaudal ventral. Daerah di sekitar cervix disebut fornix, dibagi dalam 4 kuadran : fornix anterior, fornix posterior, dan fornix lateral kanan dan kiri. Vagina memiliki dinding ventral dan dinding dorsal yang elastis. Dilapisi epitel skuamosa berlapis, berubah mengikuti siklus haid.
Fungsi vagina untuk mengeluarkan ekskresi uterus pada haid, untuk jalan lahir dan untuk kopulasi (persetubuhan). Bagian atas vagina terbentuk dari duktus Mulleri, bawah dari sinus urogenitalis. Batas dalam secara klinis yaitu fornices anterior, posterior dan lateralis di sekitar cervix uteri. Titik Grayenbergh (G-spot), merupakan titik daerah sensorik di sekitar 1/3 anterior dinding vagina, sangat sensitif terhadap stimulasi orgasmus vaginal.

·           Perineum
Daerah antara tepi bawah vulva dengan tepi depan anus. Batas otot-otot diafragma pelvis (m.levator ani, m.coccygeus) dan diafragma urogenitalis (m.perinealis transversus profunda, m.constrictor urethra). Perineal body adalah raphe median m.levator ani, antara anus dan vagina. Perineum meregang pada persalinan, kadang perlu dipotong (episiotomi) untuk memperbesar jalan lahir dan mencegah ruptur.

3.2    Fisiologi Sistem Reproduksi Wanita
Sistem reproduksi dan adaptasi fisiologis pada post partum :
1) Proses Involusi
Proses kembalinya uterus ke keadaan sebelum hamil setelah melahirkan disebut involusi. Proses dimulai setelah plasenta keluar akibat konstraksi otot-otot polos uterus. Pada akhir persalinan tahap III, uterus berada digaris tengah, kira-kira 2 cm dibawah umbilikus dengan fundus bersandar pada promontorium sakralis. Ukuran uterus saat kehamilan enam minggu beratnya kira15 kira 1000 gr. Dalam waktu 12 jam, tinggi fundus kurang lebih 1 cm
diatas umbilikus. Fundus turun kira-kira 1-2 cm setiap 24 jam. Pada hari keenam fundus normal berada dipertengahan antara umbilikus dan simfisis fubis. Seminggu setelah melahirkan uterus berada didalam panggul sejati lagi, beratnya kira-kira 500 gr, dua minggu beratnya 350 gr, enam minggu berikutnya mencapai 60 gr.
2) Konstraksi Uterus
Intensitas kontraksi uterus meningkat segera setelah bayi lahir, diduga adanya penurunan volume intrauterin yang sangat besar. Hemostatis pascapartum dicapai akibat kompresi pembuluh darah intramiometrium, bukan oleh agregasi trombosit dan pembentukan pembekuan. Hormon desigen dilepas dari kelenjar
hipofisis untuk memperkuat dan mengatur konstraksi. Selama 1-2 jam I pascapartumintensitas konstraksi uterus bisa berkurang dan menjadi tidak teratur, karena untuk mempertahankan kontraksi uterus biasanya disuntikkan aksitosan secara intravena atau intramuscular diberikan setelah plasenta lahir.
3) Tempat Plasenta
Setelah plasenta dan ketuban dikeluarkan, kontriksi vaskuler dan trombosis menurunkan tempat plasenta ke suatu area yang meninggi dan bernodul tidak teratur. Pertumbuhan endometrium menyebabkan pelepasan jaringan nekrotik dan 10 hari setelah bayi lahir, warna cairan ini menjadi kuning sampai putih (lochea alba). Lochea alba mengandung leukosit, desidua,sel epitel, mucus, serum dan bakteri. Lochea alba bertahan selama 2-6 minggu setelah bayi lahir.
4) Serviks
Serviks menjadi lunak setelah ibu malahirkan. 18 jam pascapartum, serviks memendek dan konsistensinya lebih padat.
5) Vagina dan Perinium
Estrogen pascapartum yang menurun berperan dalam penipisan mucosa vagina dan hilangnya rugae. Vagina yang semula sangat teregang akan kembali secara bertahap keukuran sebelum hamil, 6-8 minggu setelah bayi lahir . Rugae akan kembali terlihat pada sekitar minggu keempat.
6) Payudara
Konsentrasi hormon yang menstimulasi perkembangan payudara selama wanita hamil (estrogen, progesteron, human chrorionic gonadotropin, prolaktin, dan insulin) menurun dengan cepat setelah bayi lahir. Hari ketiga atau keempat pascapartum terjadi pembengkakan (engorgement). Payudara bengkak, keras, nyeri bila ditekan, dan hangat jika diraba (kongesti pembuluh darah menimbulkan rasa hangat). Pembengkakan dapat hilang dengan sendirinya dan rasa tidak nyaman berkurang dalam 24 jam sampai 36 jam. Apabila bayi belum menghisap (atau dihentikan), laktasi berhenti dalam beberapa hari sampai satu minggu.
7) Laktasi
Sejak kehamilan muda, sudah terdapat persiapan-persiapan pada kelenjar-kelanjar untuk menghadapi masa laktasi. Proses ini timbul setelah ari-ari atau plasenta lepas. Ari-ari mengandung hormon penghambat prolaktin (hormon placenta) yang menghambat pembentukan ASI. Setelah ari-ari lepas ,hormon
placenta tak ada lagi sehingga terjadi produksi ASI. Sempurnanya ASI keluar 2-3 hari setelah melahirkan. Namun sebelumnya di payudara sudah terbentuk kolostrum yang bagus sekali untuk bayi, karena mengandung zat kaya Gizi dan antibodi pembunuh kuman
8) Sistem Endokrin
Selama postpartum terjadi penurunan hormon human placenta latogen (HPL), estrogen dan kortisol serta placental enzime insulinase membalik efek diabetogenik kehamilan, sehingga kadar gula darah menurun pada masa puerperium. Pada wanita yang tidak menyusui, kadar estrogen meningkat pada
19 minggu kedua setelah melahirkan dan lebih tinggi dari wanita yang menyusui pascapartum hari ke-17 (Bobak, 2004: 496).
9) Sistem Urinarius
Perubahan hormonal pada masa hamil (kadar steroid yang tinggi) turut menyebabkan peningkatan fungís ginjal, sedangkan penurunan kadar steroid setelah wanita melahirkan akan mengalami penurunan fungsi ginjal selama masa pascapartum. Fungsi ginjal kembali normal dalam waktu 1 bulan setelah wanita melahirkan. Trauma terjadi pada uretra dan kandung kemih selama proses melahirkan, yakni sewaktu bayi melewati hiperemis dan edema. Kontraksi kandung kemih biasanya akan pulih dalam 5-7 hari setelah bayi lahir (Bobak, 2004:497-498).
10) Sistem Cerna
Ibu biasanya lapar setelah melahirkan sehingga ia boleh mengkonsumsi makanan ringan. Penurunan tonus dan motilitas otot traktus cerna menetap selama waktu yang singkat setelah bayi lahir. Buang air besar secara spontan bisa tertunda selama tiga hari setelah ibu melahirkan yang disebabkan karena tonus otot usus menurun selama proses persalinan dan pada awal masa pascapartum. Nyeri saat defekasi karena nyeri diperinium akibat episiotomi, laserasi, atau hemoroid (Bobak, 2004: 498)

3.3    Etiologi
Robekan perineum terjadi pada hampir semua persalinan pertama dan tidak jarang juga pada persalinan berikutnya. Robekan ini dapat dihindarkan atau dikurangi dengan menjaga jangan sampai dasar panggul dilalui oleh kepala janin dengan cepat. Sebaliknya kepala janin yang akan lahir jangan di tahan terlampau kuat dan lama, karena akan menyebabkan asfiksia dan perdarahan dalam tengkorak janin, dan melemahkan otot-otot dan fasia pada dasar panggul karena direnggangkan terlalu lama.
Robekan perineum umumnya terjadi di garis tengah dan bisa menjadi luas apabila kepala janin lahir terlalu cepat, sudut arkus pubis lebih kecil dari pada biasa sehinga kepala janin terpaksa lahir lebih kebelakang dari pada biasa, kepala janin melewati pintu bawah panggul dengan ukuran yang lebih besar dari pada sirkumferensia suboksipito bregmatika, atau anak dilahirkan dengan pembedahan vagina. (Sarwono Prawirohardjo)
Persalinan dengan episiotomi disebabkan adanya persalinan yang lama: gawat janin (janin prematur, letak sungsang, janin besar), tindakan operatif dan gawat ibu (perineum kaku, riwayat robekan perineum lalu, arkus pubis sempit). Persalinan dengan episiotomi mengakibatkan terputusnya jaringan yang dapat menyebabkan menekan pembuluh syaraf sehingga timbul rasa nyeri dimana ibu akan merasa cemas sehingga takut BAB dan ini menyebabkan Resti konstipasi. Terputusnya jaringan juga merusak pembuluh darah dan menyebabkan resiko defisit volume cairan.Terputusnya jaringan menyebabkan resti infeksi apabila tidak dirawat dengan baik kuman mudah berkembang karena semakin besar mikroorganisme masuk ke dalam tubuh semakin besar resiko terjadi infeksi.


3.4    Pengkajian Pada Pasien
Pengkajian yang dilakukan pada pasien adalah dengan cara mengumpulkan data yaitu identitas klien/biodata, anamnesa dan pemeriksaan fisik (data objektif). Data kajian yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :
1.         Tekanan darah
Tekanan darah sedikit meningkat karena upaya persalinan dan keletihan, keadaan ini akan normal kembali dalam waktu 1 jam.
2.         Nadi
Nadi kembali ke frekuensi normal dalam waktu 1 jam dan mungkin terjadi sedikit bradikardi (50 sampai 70 kali permenit).
3.         Suhu tubuh
Suhu tubuh mungkin meningkat bila terjadi dehidrasi.
4.         Payudara
Produksi kolostrom 48 jam pertama, berlanjut pada susu matur biasanya pada hari ke-3, mungkin lebih dini tergantung kapan menyusui dimulai.
5.         Fundus uteri
Fundus harus berada dalam midline, keras dan 2 cm dibawah umbilicus. Bila uterus lembek , lakukan masase sampai keras. Bila fundus bergeser kearah kanan midline , periksa adanya distensi kandung kemih.
6.         Kandung kemih
Diuresis diantara hari ke-2 dan ke-5, kandung kemih ibu cepat terisi karena diuresis post partum dan cairan intra vena.
7.         Lochea
Lochea rubra berlanjut sampai hari ke-23, menjadi lochea serosa dengan aliran sedang. Bila darah mengalir dengan cepat, dicurigai terjadinya robekan servik.
8.         Perineum
Episiotomi dan perineum harus bersih, tidak berwarna, dan tidak edema dan jahitan harus utuh.
9.         Nyeri/ Ketidaknyamanan
Nyeri tekan payudara/ pembesaran dapat terjadi diantara hari ke-3 dampai ke-5 post partum. Periksa adanya nyeri yang berlebihan pada perineum dan adanya kematian dibawah episiotomi.
10.     Makanan / Cairan
Kehilangan nafsu makan dikeluhkan kira-kira hari ke-3.
11.     Interaksi anak-orang tua
Perlu diperhatikan ekspresi wajah orang tua ketika melihat pada bayinya, apa yang mereka dan apa yang mereka lakukan. Responrespon negatif yang terlihat jelas menandakan adanya masalah.
12.     Integritas ego
Peka rangsang, takut / menangis (”post partum Blues”) sering terlihat kira-kira 3 hari setelah melahirkan.

3.5    Diagnosa keperawatan, Intervensi Dan Rasional
·           Gangguan nyeri berhubungan dengan terputusnya jaringan sekunder terhadap luka episiotomy dan rupture perineum.  
1.    Tujuan :
Mencegah atau meminimalkan rasa nyeri.
2.    Kriteria
a)        Nyeri berkurang atau hilang.
b)        Ekspresi wajah rileks.
c)        Pasien mampu melakukan tindakan dan mengungkapkan intervensi untuk mengatasi nyeri dengan cepat.
d)       Tanda-tanda vital normal (tekanan darah 120/ 80 mm Hg. Nadi 80-88 x/ menit)
3.    Intervensi
a)    Tentukan lokasi dan sifat nyeri.
Rasional : mengidentifikasikan kebutuhan-kebutuhan khusus dan intervensi yang tepat
b)   Inspeksi perbaikan perineum dan episiotomy
Rasional : dapat menunjukkan trauma berlebihan pada jaringan perineal dan atau terjadinya komplikasi yang memerlukan evaluasi atau intervensi lebih lanjut.
c)    Anjurkan klien untuk duduk dengan mengkontraksikan otot gluteal.
Rasional : penggunaan pengencangan gluteal saat duduk menurunkan strees dan tekanan langsung pada perineum.
d)   Berikan informasi tentang berbagai startegi untuk menurunkan nyeri, misalnya teknik relaksasi dan distraksi.
Rasional : membantu menurunkan/ memberikan rasa nyaman.
e)    Kolaborasi dengan dokter untuk pemberian analgetik
Rasional : memberikan kenyamanan sehinggan klien dapat memfokuskan pada perawatan sendiri dan bayinya.

·           Resiko infeksi berhubungan dengan trauma jaringan dan atau kerusakan kulit.
1.    Tujuan :
Infeksi tidak terjadi.
2.    Kriteria :
a.     Luka episiotomi sembuh dengan sempurna dan tidak ada tanda-tanda infeksi (color, tumor, dolor, dan fungsio laesa)
b.    Pasien mampu mendemontrasikan teknik-teknik untuk meningkatkan penyembuhan.
c.     Tanda-tanda vital dalam batas normal (36-37º C)
d.    Nutrisi terpenuhi (adekuat)
3.    Intervensi :
a)      Kaji adanya perubahan suhu.
Rasional : Peningkatan suhu sampai 38,3º C pada 2-10 hari setelah melahirkan sangat menandakan infeksi.
b)   Observasi kondisi episiotomi seperti adanya kemerahan, nyeri tekan yang berlebihan dan eksudat yang berlebihan.
Rasional : Dapat menunjukkan trauma berlebihan pada jaringan parenial dan atau terjadinya komplikasi yang memerlukan evaluasi intervensi lebih lanjut.
c)    Anjurkan pada pasien untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh genital.
Rasional : membantu mencegah penyebaran infeksi.
d)   Catat jumlah dan bau lochea atau perubahan yang abnormal.
Rasional : Lochea normal mempunyai bau amis, lochea yang purulen dan bau busuk menunjukkan adanya infeksi.
e)    Anjurkan pada pasien untuk mencuci perineum dengan menggunakan sabun dari depan kebelakang dan untuk mengganti pembalut sedikitnya setiap 4 jam atau jika pembalut basah.
Rasional : Membantu mencegah kontaminasi rektal memasuki vagina atau uretra
f)    Ajarkan pada klien tentang cara perawatan luka perineum.
Rasional : Meningkatkan pengetahuan klien tentang perawatan vulva/ perineum.
g)   Kolaborasi untuk pemberian anti biotic
Rasional : Mencegah infeksi dan penyebaran kejaringan sekitar.
 
·           Resiko tinggi konstipasi berhubungan dengan kurangnya aktivitas fisik nyeri saat defekasi.
1.    Tujuan :
Konstipasi tidak terjadi
2.    Kriteria :
Pasien mampu melakukan kembali kebiasaan defekasi seperti biasanya dengan ketidaknyamanan minimal.
3.    Intervensi :
a)      Auskultasi adanya bising usus.
Rasional : mengevaluasi fungsi usus
b)   Kaji terhadap adanya hemoroid dan berikan informasi tentang memasukkan heromoid kembali ke dalam rektal dengan jari yang dilumasi.
Rasional : Menurunkan ukuran hemoroid, menghilangkan gatal dan ketidaknyamanan dan meningkatkan vaso konstriksi lokal.
c)    Anjurkan klien minum secara adekuat ± 1500-2000ml/ hari.
Rasional :Peningkatan cairan akan merangsang eliminasi.
d)   Anjurkan klien untuk mengkonsumsi bahan makanan yang berserat tinggi seperti : sayuran dan buah-buahan.
Rasional :Melancarkan pencernaan
e)    Anjurkan klien untuk rendam duduk dengan air hangat sebelum relaksasi.
Rasional : Meningkatkan kenyamanan dan mengurangi rasa nyeri.
f)    Anjurkan pasien untuk ambulasi sesuai toleransi
Rasional : Membantu maningkatkan peristaltik gastrointestinal.
g)   Berikan pelunak feses atau laksatif jika diindikasikan.
Rasional : Untuk meningkatkan kembali kebiasaan defekasi normal dan mencegah menjelang atau strees perineal selama defekasi.































BAB IV
PENUTUP

4.1    Kesimpulan
Setelah membahas makalah ini maka penulis dapat memberikan kesimpulan yaitu:
1.        Perlukaan pada jalan lahir sebagai akibat persalinan normal terutama pada seorang primipara, baik itu berupa robekan perinium, robekan serviks atau rupture uteri sangat perlu dilakukan heacting perinium agar jaringan tubuh (perinium) dapat menyatu kembali.
2.        Robekan jalan lahir selalu memberikan perdarahan dalam jumlah yang bervariasi banyaknya. Perdarahan yang berasal dari jalan lahir selalu harus dievaluasi, yaitu sumber dan jumlah perdarahan sehingga dapat diatasi. Peranan perawat dan bidan atau disebut penolong harus segera melakukan tindakan penjahitan luka/hecting agar segera menghentikan pendarahan.

4.2    Saran
Saran yang dapat penulis sampaikan dari pembahasan makalah ini adalah :
6.        Mahasiswa dan pembaca diharapkan agar dapat mengerti tentang robekan jalan lahir sampai dengan melakukan hecting perineum beserta tehnik-tehniknya. Dan dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi klien serta mampu memberikan asuhan secara komprehensif.
7.        Mahasiswa dan pembaca diharapkan dapat mengerti dan menguasai serta dapat melakukan tindakan penjahitan perineum dengan prinsip-prinsip dan teknik-teknik yang tepat.





DAFTAR PUSTAKA

Dep.Kes RI. 2004.  Asuhan Persalinan Normal. Jakarta; EGC
Mochtar, R. 1998.  Sinopsis Obstetri. Jakarta; EGC. Edisi 2 Jilid 1
Pusdiknakes. 2003. Buku 3 Asuhan Intrapartum. Jakarta; EGC
Sarwono P. 2003. Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal Dan Neonatal. Jakarta; YBP SP
Scoot, J, dkk. 2002.  Dandorft Buku Saku Obstetri Dan Ginekologi, Cetakan I Widya Merdeka : Jakarta
Tucker, Susan M. 2001.Standart Perawatan Pasien: Proses Keperawatan ,Diagnosa, dan Evaluasi. Vol.4,Alih Bahasa: Yasmin Asih, EGC,Jakarta



Tidak ada komentar:

Posting Komentar